Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bima

Mas’ah, Mas’ah (Unknown)
Hadijah, St. (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)
Sahid, Abdus (Unknown)
Haris, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Bima. Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya penting dalam membentuk sikap, perilaku, dan nilai-nilai positif pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di MIN 3 Bima dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan yang rutin, seperti sholat berjamaah, doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Al-Qur'an, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai rutinitas harian, tetapi juga sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai religius, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerjasama antar siswa. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan waktu dan sumber daya untuk melaksanakan kegiatan keagamaan secara konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembiasaan kegiatan keagamaan merupakan salah satu strategi efektif dalam implementasi pendidikan karakter di MIN 3 Bima. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus memperkuat program-program keagamaan, meningkatkan keterlibatan semua pihak, serta menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung keberhasilan pendidikan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...