Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

From Shakespeare to Contemporary Novels: Literature's Role in Modern ELT Practices - A Literature Review

Sakti, Nur Sri (Unknown)
Sarkiah, Sarkiah (Unknown)
Sukma, Sukma (Unknown)
Amaluddin, Amaluddin (Unknown)
Efendi, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tinjauan literatur ini mengeksplorasi peran sastra dalam Pengajaran Bahasa Inggris (ELT), dengan mengkaji teks-teks klasik dan kontemporer. Kajian ini menyoroti manfaat pedagogis dari pengintegrasian sastra ke dalam pengajaran bahasa, termasuk pengembangan kemampuan bahasa, kesadaran budaya, pemikiran kritis, dan kecerdasan emosional. Pendekatan metodologis yang dibahas berkisar dari penggunaan Shakespeare dan literatur klasik lainnya hingga novel kontemporer dan teknik berbasis drama. Kajian ini juga membahas tantangan seperti pemilihan teks, kesiapan guru, dan penggabungan teknologi digital. Praktik-praktik inovatif seperti pembelajaran campuran, unit tematik, dan pedagogi yang responsif terhadap budaya diidentifikasi sebagai strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pemilihan teks yang bijaksana dan pengembangan profesional bagi para pendidik, serta perlunya penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dari ELT berbasis literatur dan peran sumber daya digital. Dengan memanfaatkan potensi sastra yang kaya, para pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar bahasa yang menarik dan efektif yang mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi kompleksitas abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...