Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Vol 2 No 03 (2024): Aptana: Jurnal Ilmu & Humaniora

Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Siswa melalui Kurikulum Merdeka

Pratiwi, Vinni Dini (Unknown)
Alhudawi, Usman (Unknown)
Hamim Nasution , Hafizhah (Unknown)
Hendyko Purba , Gufanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat bertema "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kurikulum Merdeka" dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan metode ceramah dan diskusi. Program ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menghadirkan suasana pembelajaran interaktif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Tahapan pelaksanaan meliputi persiapan program, sosialisasi, hingga pembuatan laporan akhir. Kegiatan ini diikuti oleh 35 siswa dan dipandu oleh instruktur utama, Vinni Dini Pratiwi, M.Pd. Hasil kegiatan menunjukkan tercapainya tujuan program, di mana para siswa berpartisipasi aktif dalam proses sosialisasi, menunjukkan peningkatan motivasi, dan keterlibatan dalam kegiatan belajar. Meskipun terdapat tantangan terkait keterbatasan sumber daya, kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan sekolah berjalan efektif. Program ini diharapkan menjadi stimulus bagi siswa untuk lebih berperan dalam kegiatan komunitas. Program ini membawa manfaat signifikan, yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam memahami pentingnya motivasi dan keterlibatan aktif di lingkungan belajar serta masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan ...