EDU-BIO : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 1 (2025): EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu

Samsiah, Samsiah (Unknown)
Novallyan, Devie (Unknown)
Gusriani, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design yang bentuknya posttest-only control design, non equivalent control group design. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu melaksanakan observasi diperkuat dengan wawancara serta tes hasil belajar siswa menggunakan pilihan ganda. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan hasil belajar siswa yaitu nilai to ≥ tt = 2,001 < 3,25 > 2,663 dan besarnya pengaruh signifikan dihitung dengan menggunakan perhitungan effect size yaitu 0,85 dengan persentase 79% yang menunjukkan kriteria cohen’s tinggi. Maka, Ha (hipotesis alternatif) diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa. Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edubio

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Neuroscience

Description

Edu-Bio is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biology and biological education. The focus and scopes of Jurnal Biotek are as follows. 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. ...