Maraknya isue pencemaran lingkungan berdampak pada sumber daya alam (SDA) yang menjadi perhatian penting diseluruh dunia. Implementasi pendidikan Green Economy yaitu merupakan pembelajaran untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development). Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui bagaimana program adiwiyata pada implementasi pembelajaran green economy dalam menumbuhkan karakter ecologycal literacy di Kabupaten Oku Timur, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung keberhasilan pembelajaran green economy dalam menumbuhkan karakter ecologycal literacy pada program Adiwiyata di OKU Timur. Penelitian ini merupakan mixed method, tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data Triangulasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa program Adiwiyata tidak hanya berkontribusi pada peningkatan karakter ecological literacy di kalangan siswa tetapi juga mendorong kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga lingkungan di masyarakat. Di SMP N 3 BP Peliung implementasi pendidikan green economy dalam menumbuhkan karakter ecological literacy sudah maksimal melaksanakan program pendidikan lingkungan, karena dapat kita ketahui terdapat siswa/siswi yang memiliki minat dan pengetahuan cukup tinggi mengenai pendidikan lingkungan selain itu banyak bagian siswa/siswi di sekolah tersebut mampu memahami dan mengerti dengan baik tentang pengetahuan lingkungan yang dikategorikan mulai dari yang rendah dengan total 37,50%, sedang 50,00%, dan tinggi 87,50%. Maka dari itu program ini sangatlah sangat tepat dilaksanakan dan dikembangkan lebih maju lagi di sekolah tersebut karena seluruh siswa/siswi nya sudah mampu memahami dan mengerti dengan baik tentang pengetahuan lingkungan, baik dalam menjaga, melestarikan dan memanfaatkan lingkungan maupun hasil alam.
Copyrights © 2024