Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 3 No. 2 (2024): December

Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar

Sri Fajar Br. Aritonang, Paulina (Unknown)
Amelia, Rika (Unknown)
Afianto, Rizky (Unknown)
Amalia, Salsabila (Unknown)
Yusnita Fitrianna, Aflich (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menguji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta menggunakan sampel sebanyak 25 siswa di salah satu sekolah dasar kelas 5 kota Cimahi. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika dan deskripsi dengan validasi data dan pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat memecahkan persoalan melalui tes yang diberikan serta menunjukkan perilaku sebagai bentuk meningkatnya kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...