Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membina karakter siswa di era digital yang penuh tantangan dan peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam membimbing siswa agar memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam meskipun menghadapi dampak negatif teknologi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi teknologi, seperti penggunaan Chromebook, mendukung pembelajaran berbasis digital yang interaktif dan kolaboratif. Strategi pembelajaran berbasis MERDEKA memungkinkan siswa mengembangkan nilai-nilai positif, seperti mujahadah an-nafsi, husnudzon, dan ukhuwah, melalui pendekatan yang personal dan relevan. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi yang tepat dapat menjadi alat untuk membentuk karakter siswa yang unggul, mempersiapkan mereka menghadapi era digital dengan keimanan dan ketakwaan kokoh. Dengan pendekatan ini, guru PAI berperan sebagai fasilitator pembelajaran bermakna yang mampu menciptakan generasi unggul dan religius
Copyrights © 2025