Bencana gempa bumi terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi oleh manusia. Dengan mengetahui bahwa gempa bumi belum bisa diduga secara ilmiah, perlu dilakukan usaha mengurangi risiko akibat yang ditimbulkan gempa bumi. Salah satu faktor utama penyebab timbulnya banyak korban akibat bencana seperti gempa bumi adalah karena kurangnya pengetahuan tentang bencana dan kesiapsiagaan bencana terutama gempa bumi. Oleh karena itu, Promosi dan edukasi bencana gempa bumi sejak dini kepada masyarakat yang rentan bencana serta kesiapsiagaannya sangat penting untuk menghindari atau memperkecil risiko menjadi korban melalui pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak promosi dan edukasi bencana gempa bumi pada tingkat kesiapsiagaan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas Medan Selayang dalam menghadapi bencana gempa bumi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental dengan rancangan yang digunakan one group pre and post test design. Sampel berjumlah 41 responden, analisis statistik menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan kesiapsiagaan sebelum dan sesudah diberikan promosi dan edukasi bencana gempa bumi pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas Medan Selayang dengan nilai signifikan p-value 0,001 0,05. Dampak dari promosi dan edukasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi kepada siswa/i yaitu siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas Medan Selayang menyatakan lebih siaga dari sebelumnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025