Permasalahan ini menjadi perhatian karena pemahaman materi enam benua merupakan bagian penting dari kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pengetahuan dasar tentang geografi global. Rendahnya hasil belajar dan minat belajar dapat berdampak pada kemampuan peserta didik untuk memahami konsep-konsep lanjutan dalam bidang ini.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas VI pada materi enam benua melalui penerapan platform pembelajaran interaktif Educaplay. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 62 pada prasiklus menjadi 82 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal mencapai 89%. Tingkat keterlibatan aktif peserta didik juga meningkat hingga mencapai 90%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan platform Educaplay efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik pada materi enam benua.
Copyrights © 2024