QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik K-13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Medan

Muhammad Habibi Rangkuti (Unknown)
Indah Permata Sari Sitorus (Unknown)
Arlina (Unknown)
Najwa Ammara Jauzah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi strategi pembelajaran saintifik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran praktik ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, yang melibatkan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi saintifik menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, terutama melalui diskusi kelompok dan kuis berbasis aplikasi Wordwall, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi Sunnah Ab’ad dan Sunnah Hai’at sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kesimpulannya, strategi saintifik efektif meningkatkan kualitas pembelajaran praktik ibadah dan memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pengajaran inovatif dalam pendidikan agama di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...