Jurnal Industri Pariwisata
Vol 7, No 2 (2025): JANUARY

PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA EVENT SOLO MENARI

Saputro, Madarena Afrah (Unknown)
Rossi, Fetty Nurmala (Unknown)
Efendi, Tiara Aprilia (Unknown)
Amelia, Dwi (Unknown)
Syafiqah, Intan Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung pada event "Solo Menari 2024”. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumentasi. Indikator kualitas pelayanan yang dianalisis seperti tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta empathy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 sampel dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara event Solo Menari 2024 dinilai baik oleh para pengunjung yang hadir berdasarkan dengan wawancara yang telah dilakukan. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti  penertiban kebersihan di area event, memperbanyak papan petunjuk arah, dan memperbanyak fasilitas tempat sampah di area event tersebut. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan, terutama pada aspek tangible dan empathy, guna memastikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pariwisata

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research ...