Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 23 No 1 (2025): Januari

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN AKSIOLOGI SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi, Nur Lailatul Hidayah lDurrotul Mumtazah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Filsafat pendidikan Islam membangun kerangka moral dan etika siswa denganmengintegrasikan ide-ide filosofis Islam. Pendidikan ini berupaya untukmenumbuhkan potensi sosial, moral, dan spiritual selain memberikan informasiintelektual. Sebagai bidang filsafat yang menekankan nilai-nilai, aksiologisangat penting dalam membimbing pendidikan Islam untuk memasukkan etikake dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode tinjauanpustaka dengan sumber literatur primer dan sekunder yang relevan.Denganmenggunakan metode ini diyakini pendidikan Islam dapat membuahkan hasil.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Islam dalamkajian aksiologi sebagai landasan pendidikan islam bertujuan untukmeningkatkan potensi masyarakat dalam berbagai bidang, antara lainintelektual, moral, sosial, dan spiritual, serta mendekatkan manusia kepadaAllah melalui kajian aksiologi. Pengetahuan akademis dan prinsip-prinsipspiritual dipadukan dalam pendidikan Islam untuk memberikan informasi yangbermanfaat bagi dunia dan memperdalam hubungan seseorang dengan Tuhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...