Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022

Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realitas dalam Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Siswa di SMPN 1 Kauman dalam Perspektif Praksis Sosial

Dhayinta, Shellya Tanaya (Unknown)
Anshori, Ibnu (Unknown)
Sakau, Yanaria (Unknown)
Hamdi, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realitas dalam meningkatkan perilaku tanggung jawab siswa di SMPN 1 Kauman. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest, yang melibatkan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis pendekatan realitas berhasil meningkatkan perilaku tanggung jawab siswa, terutama dalam hal kedisiplinan, kemampuan mengelola waktu, sikap terhadap tugas akademik, dan kesadaran sosial. Peningkatan signifikan terlihat pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan akademik mereka. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis pendekatan realitas dapat diterapkan secara luas di sekolah-sekolah untuk membentuk karakter siswa yang lebih bertanggung jawab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...