Civic Education Perspective Journal
Vol 4 No 3 (2024): Civic Education Perspective Journal

Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Animasi Scratch Pada Materi Memaknai Peraturan Perundang - Undangan

Saputri, Inem (Unknown)
Salam, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini ditujukan dalam upaya melakukan pengembangan media pembelajaran agar siswa memiliki minat belajar berbasis animasi scratch materi memaknai peraturan perundang-undangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dari ahli media, materi, bahasa, guru, siswa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu dari 26 siswa terdapat 23 siswa yang nilainya tuntas dan 3 lainnya tidak tuntas. Hal ini menandakan 88% siswa tuntas dan menunukkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi scratch bisa digunakan untuk siswa kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn dengan materi memaknai peraturan perundang-undangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cepj

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Civic Education Perspective Journal atau Jurnal Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal resmi Universitas Negeri Jambi bekerjasama dengan Fakultas keguruan Dan Ilmu pendidikan Universitas jambi. Civic Education Perspective Journal adalah jurnal peer-review yang berfokus pada kajian ...