JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 9 No 2 (2024): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 066050 MEDAN DENAI

Girsang, Mei Lyna (Unknown)
Nainggolan, Maria Friska (Unknown)
Sinaga, Arman Bemby (Unknown)
Sinaga, Angelina Stefani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Latar belakang: Keterampilan membaca sangat penting bagi seorang peserta didik. Membaca bertujuan untuk mendapatkan informasi baru baik berupa tulisan atau bacaan. Dengan membaca diharapkan peserta didik dapat memahami isi dan makna dari bacaan tersebut. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 066050 masih rendah. Oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat memicu minat baru, membangkitkan motivasi, dan merangsang kegiatan belajar dan meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one grup pre-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah teknik total sampling dengan total 17 siswa.  teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test, observasi, dokumentasi. Data dianalisis  dengan menggunakan uji t. Hasil: terdapat Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III UPT SDN 066050 Medan Denai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...