Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal
Vol 3 No 2 (2024): (Edisi Juli) Model dan Pendekatan Pembelajaran IPA

Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology and Society pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Rabadia, Hufila Ode (Unknown)
Lessy, Djaffar (Unknown)
Asshagab, Siti Mutiaraningsih (Unknown)
Mursalin, Enggal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Science Environment Technology and Society pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII di MTs Nurul Huda Limboro. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Seluruh siswa kelas VII terlibat sebagai populasi dan sampel diambil dengan menggunakan purposive random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes kemampuan literasi sains. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji independent samples t-test dengan bantuan SPSS Statistic 27. Hasil data posttest dengan menggunakan software SPSS Statistic 27 memperoleh nilai signifikansi uji independent samples t-test yaitu sebesar 0,000 < (α) 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Science Environment Technology and Society berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Education

Description

Aim Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal (INSEJ) publishes papers from empirical studies (experiment papers) and literature review papers. This journal has accepted and published papers for integrated science studies of both islamic and common values. Scope Al-Alam: Islamic Natural ...