Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 14 No. 1 (2025): Januari 2025

Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA: Analysis of Students' Concept Understanding Level in Science Learning

Ainul, Salsabila As Sa'adah (Unknown)
Wakhidah , Nur (Unknown)
Wahyuni Fajar Arum (Unknown)
Sri Hidayati (Unknown)
Tatik Indayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atau mendeskripsikan tingkat kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, tes, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah pada materi IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai maksimum sebesar 70 dan nilai minimum sebesar 24 dengan rata-rata 46,67. Kemudian pemberian tes dengan acuan tes berdasarkan indikator menurut Anderson dan Krathwol, dimana terdapat 13 siswa dengan kriteria tingkat pemahaman konsep tergolong rendah dengan persentase sebesar 43,33%. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa disebabkan beberapa faktor di UPT SMP Negeri 14 Gresik diantaranya pertama, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa; kedua guru masih dominan dalam proses pembelajaran IPA sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan yang terakhir kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of ...