Pembelajaran matematika perlu dilakukan dengan memanfaatkan pendekatan dari hal yang sering atau pernah dilakukan oleh siswa itu sendiri untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Salah satu kegiatan yang erat kaitannya dengan berbagai permainan adalah hompimpa. Hompimpa biasa dilakukan sebelum memulai permainan dengan tiga atau lebih pemain untuk mengundi pemain yang kalah. Hompimpa sebagai sistem pengundian dalam permainan menunjukkan bahwa permainan ini dapat dikaitkan dengan materi peluang. Proses belajar siswa untuk sampai pada pemahaman yang bermakna sangat erat keterkaitannya dengan dugaan dari alur pembelajaran yang dibuat oleh guru. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) adalah alur belajar yang dibuat oleh guru berdasarkan hipotesis akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Pengenalan akan budaya dilakukan untuk mengajarkan siswa terhadap pemahaman akan nilai-nilai luhur budaya yang diharapkan juga memberikan dampak positif terhadap pendidikan karakter siswa. Artikel ini menyajikan hypothetical learning trajectory pada materi peluang teoritis dan peluang empiris dengan hompimpa alaium gambreng.
Copyrights © 2024