Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8 No 1 (2023): Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Penulisan Pengumuman melalui WhatsApp di Grup Kelas

Mijianti, Yerry (Unknown)
Vardani, Eka Nova Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Aktivitas komunikasi siswa dan guru dilakukan dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp. Siswa dan guru membentuk grup WhatsApp untuk memudahkan penyampaian pengumuman. Pengumuman yang disebarkan di grup WhatsApp sering tidak mematuhi sitematika penulisan pengumuman, penggunaan bahasa kurang baik atau kurang santun, dan penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang penulisan pengumuman lewat WhatsApp di grup kelas IX G SMPN 1 Semboro. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif. Teks pengumuman sebagai data dan WhatsApp di grup kelas IX G SMPN 1 Semboro sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tabel. Teknik analisis data meliputi menyusun lembar rangkuman, membuat kode, mengkode pola, pemberian memo, lalu menyajikan dan menampilkan data menjadi teks deskripstif. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas, pengujian transferabality, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Varibel penelitian yaitu pengumuman dengan subvaribel sistematika pengumuman, bahasa yang baik dalam pengumuman, dan penggunaan EYD dalam pengumuman. Hasilnya terdapat ketepatan di bagian tertentu dan ketidaktepatan di bagian lainnya dalam teks pengumuman di grup 9G 2022/2023. Implikasinya penulis dapat menghasilkan tulisan yang baik dan benar dengan menerapkan strategi catalisting dan membekali diri dengan kemampuan tulis menulis. Penulisan pengumuman pada media sosial dapat disampaikan secara sederhana tetapi mengutamakan kelengkapan secara isi dan ketepatan penggunaan EYD. Jika memungkinan, dapat dilengkapi dengan gambar dari teks pengumuman yang asli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...