Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model pembelajaran Game-Based Learning (GBL) dalam pembelajaran BIPA di tingkat sekolah menengah Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain lapangan yang menerapkan teknik observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data, serta objek penelitian ini adalah Sekolah Assalihiyah Pattani, Thailand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran model GBL, peserta didik mengikuti pembelajaran dengan menerapkan media permainan menghasilkan kegiatan yang menyenangkan dan menciptakan iklim pembelajaran yang baik. Pembelajaran GBL tersebut menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, yakni selain menyenangkan juga bermakna. Kegiatan pembelajaran juga berjalan dengan aktif sehingga meningkatkan komponen berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik sesuai dengan pembelajaran tingkat tinggi atau high Ordinary Thinking Skill (HOTS). Kegiatan kerja sama antar peserta didik dan bagaimana cara mereka merekonstruksi materi yang telah diberikan kepada permainan yang disediakan juga terlibat secara aktif. Selain berkaitan dengan pendidikan, kegiatan pembelajaran ini juga memiliki manfaat pada internasionalisasi bahasa di mana model pembelajaran harus diperhatikan dengan seksama untuk lebih menarik minat pemelajar bahasa asing terhadap pembelajaran bahasa Indonesia.
Copyrights © 2023