TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol. 6 No. 2 (2023): TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam

Membangun Konsep Mengajar Berbasis Keilmuan Pendidikan Islam

Hairul Huda huda (Universitas Muhammadiyah Jember)
Siti Nursyamsiyah (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Belajar mengajar merupakan suatu konsep yang terkait dengan pembelajaran. Salah satu upaya yang digunakan untuk memenuhi pencapaian dalam suatu tujuan guru yaitu mengajar dan juga disertai oleh beberapa serangkaian pembelajaran yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Teori behaviorism yaitu perubahan perilaku yang timbul dari stimulus dan respons dari peserta didik. Teori kognitif yaitu belajar merupakan adanya perubahan struktur mental dan biasanya belajar juga disebut suatu kombinasi pengetahuan awal (prior knowledge) yang dipelajari saat ini dan digunakan untuk membangun suatu pengetahuan yang baru dan memiliki banyak perkembangan pengetahuan. Metode Penelitian penelitian kualitatif dengan bentuk library research (studi pustaka), memngumpulkan data berupa reverensi kepustakaan , menganalisi dengan conten analisis yaitu analisis isi.  Hasil penelitian mengajar berbaris keilmuan Pendidikan islam yaitu guru merupakan sumber penting bagi peserta didik karena guru yang memberikan materi pembelajaran dan yang memberikan ilmu pengetahuan serta memotivator dan mendukung untuk peserta didik menjadi Isnsan kamil. Mengajar dengan konsep keilmuan bertujuan untuk menciptakan manusia yang utuh sesuai dengan ketentuan keislaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TARLIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dikelola oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, memuat tema-tema yang membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam (Learning of Islamic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Management of Islamic Education), ...