Penguasaan kosakata bahasa Inggris merupakan tantangan signifikan bagi siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) di Vihara Sakya Sasanang, OKU Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa SMB. Metode yang digunakan berupa pengajaran dan pelatihan pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan mengimplementasikan TPR pada 17 siswa kelas 3, 4, dan 5 SMB. Kegiatan dilaksanakan pada 12 Januari 2025 melalui tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata, dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa metode TPR efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa SMB di Vihara Sakya Sasanang, dengan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan melalui pengintegrasian gerakan fisik dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025