Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas III SDN 18 Ampenan

Febriana, Febriana (Unknown)
Kusmiyati, Kusmiyati (Unknown)
Hartini, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan budaya ke dalam materi pembelajaran. Melalui pengintegrasian ini peserta didik akan lebih memaknai pembelajaran yang diberikan karena mempertimbangkan keberagaman budaya yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III SDN 18 Ampenan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih banyak di bawah KKTP pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 1-3 April 2024 di kelas III SDN 18 Ampenan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Lembar tes yang digunakan adalah lembar tes pre-test dan lembar tes post-tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 57% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82%.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...