Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengetahui implementasi manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik dan keterlibatan stakeholder dalam peningkatan mutu tenaga pendidik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalm tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik dilakukan dengan cara melakukan perencanaan, melakukan pengorganisasian, menggerakkan (actuating), dan melakukan pengawasann. Selain itu juga difokuskan pada empat kompetensi guru sebagai indikator mutu tenaga pendidik diantaranya kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian (personal) kompetensi social guru. Keterlibatan stakeholder dalam peningkatan mutu tenaga pendidik diantaranya keterlibatan stakeholder dalam memberikan gagasan (ide, pikiran dan pendapat), keterlibatan stakeholder dalam pengambilan keputusan keterlibatan stakeholder dalam memberikan motivasi dan keterlibatan stakeholder dalam finansial/materi.
Copyrights © 2025