DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 1 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Penerapan Metode Bermain Sambil Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa SD

Sri Rezeki Agustina (STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia)
Sabrina Sabrina (STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia)
Umul Aiman (STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia)
Adi Apriadi Adiansha (STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia)
Anita Nurgufriani (STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode bermain sambil belajar dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa Sekolah Dasar (SD). Metode bermain sambil belajar dianggap efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, empati, komunikasi, dan penyelesaian masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan observasi langsung serta wawancara terhadap guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan bermain sambil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini memberikan dampak positif terhadap kemampuan sosial siswa, terutama dalam meningkatkan partisipasi, kerja sama, serta empati terhadap teman sebaya. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas, penerapan strategi pengelolaan yang tepat dan kreativitas guru dalam merancang permainan dapat mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bermain sambil belajar dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa SD, yang sangat penting dalam pembentukan karakter sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...