DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 1 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Mengajukan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Kognitif

Trisanti, Yuliana (Unknown)
Saleh, Hairus (Unknown)
Subaidi, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah spldv ditinjau dari siswa yang berkemampuan tinggi dan berkemampuan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Materi yang digunakan adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). SPLDV merupakan dua persamaan linear yang memiliki penyelesaian berupa pasangan berurutan yang dapat dimisalkan dengan x,y. Hasil penelitian adalah siswa berkemampuan tinggi dalam mengajukan masalah spldv dapat termasuk dalam kategori baik. Siswa berkemampuan sedang rendah dalam mengajukan masalah spldvmasih termasuk kategori cukup. Siswa berkemampuan rendah HY hanya mampu memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran. Dalam merencanakan dan melaksanakan pengajuan masalah SPLDV ditinjau dari kemampuan kognitif yaitu kemampuan tinggi dan kemampuan rendah masih terkategori kurang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...