Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 9 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA

Hadi, Muhammad (Unknown)
Threesnaldy, Muhammad Rezky (Unknown)
Yunus, Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

This research investigates the effectiveness of the group debate method in enhancing students' speaking abilities. Employing a qualitative approach, data were collected through observations involving 27 student participants, complemented by a Google Form questionnaire. The findings reveal that the group debate method positively impacts students' speaking skills, particularly in boosting self-confidence, improving the ability to structure ideas, and enhancing communication skills. Furthermore, group debates significantly contribute to expanding students' understanding of diverse perspectives, thereby enriching the quality of discussions. This study recommends the broader implementation of this method in educational settings to optimize the development of students' speaking proficiency. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas metode debat kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi yang melibatkan 27 siswa sebagai responden, dilengkapi dengan kuesioner melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat kelompok memberikan kontribusi positif terhadap keterampilan berbicara siswa, terutama dalam meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan menyusun ide, dan keterampilan komunikasi. Selain itu, debat kelompok juga berperan penting dalam memperluas pemahaman siswa terhadap berbagai perspektif, sehingga meningkatkan kualitas diskusi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode ini secara luas dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pengembangan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...