Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Agen Pembelajaran Literasi Humanis

Muhd. Hayyanul Damanik (Unknown)
Alfiah Hairani (Unknown)
Defi Antika (Unknown)
Dinda Patliana Sukma (Unknown)
Fadiah Adlina (Unknown)
Lutfi Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai agen pembelajaran literasi humanis, serta dampaknya terhadap perkembangan kemampuan literasi siswa dalam konteks pendidikan yang berfokus pada nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menjawab rumusan masalah atau mencapai tujuan penelitian dengan mengkaji berbagai sumber pustaka seperti buku, makalah dan sumber literatur lainnya. Studi kepustakaan (library research) bertujuan mendeskripsikan konten pokok berdasarkan informasi yang di dapat. Peran guru bertindak sebagai pendidik karakter, pengembang keterampilan literasi, fasilitator pembelajaran, penggerak komunitas dan pengembang kurikulum. Mereka menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, narasi, pembelajaran melalui seni dan kolaborasi dengan orang tua. Peran guru sangat penting dalam menciptakan generasi yang berempati, kreatif dan berakhlak baik, yang siap menjadi agen perubahan positif di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...