Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 7 No. 1 (2025): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Pendidikan Inklusif pada Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia: Tinjauan Literatur Analisis Bibliometrik

Anisa Eka Wulandari (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Baharuddin Baharuddin (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
M. Indra Saputra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Umi Hijriah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Agus Faisal Asyha (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Pendidikan inklusif ialah sistem pendidikan yang efektif bagi seluruh anak, dengan menggunakan layanan pendidikan yang mewajibkan anak berkebutuhan khusus untuk belajar di sekolah terdekat di kelas reguler bersama teman-teman yang memiliki kesamaan. Setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pendidikan. Penelitian ini berfokus pada pendidikan inklusif di Indonesia yang bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis tren, manfaat, serta hambatan atau kesenjangan yang terjadi dalam penerapan pendidikan inklusif. Dalam penelitian ini terdapat 26 artikel relevan yang sejalan dengan tema kemudian dianalisis dan disaring menggunakan berbagai metode penelitian diantaranya analisis bibliometrik, dengan menggunakan aplikasi spanyapps, Vosviewer serta Wataseuake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan yang ada pada pendidikan inklusif dapat diatasi dengan lingkungan keluarga hingga sistem pemerintahan. Selain itu, emosional dan kegigihan pada anak dapat mendorong kreativitas dalam merespon pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...