IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No 01 2025

Rancang Bangun Fitur Pengolahan Proyek Pada Learning Management System MOODLE Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data Kelas XI RPL SMKN 1 Surabaya

Ulum, M. Zainul (Unknown)
Prismana, I Gusti Lanang Putra Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk potensi individu untuk menghadapi tantangan dunia kerja, khususnya melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berfokus pada penguasaan keahlian tertentu. Namun, proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Surabaya, khususnya pada mata pelajaran Basis Data, menghadapi kendala seperti sulitnya siswa memahami materi spesifik dan kejenuhan dalam metode pembelajaran konvensional. Media pembelajaran yang kurang inovatif, seperti penggunaan PowerPoint, juga menjadi faktor yang menurunkan motivasi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan fitur pengolahan proyek berbasis Learning Management System (LMS) MOODLE dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).Fitur yang dirancang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI RPL dalam pengelolaan basis data. Pengembangan fitur ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu sebuah fitur pegolahan proyek pada website “Erdlearn” berbasis Learning Management System MOODLE. Validitas platform mencapai tingkat sangat valid dengan skor 92%, sedangkan uji Black-Box menunjukkan hasil "sangat baik" dengan nilai rata-rata 84%. Hasil analisis menunjukkan bahwa Erdlearn efektif meningkatkan pemahaman siswa, dibuktikan dengan kenaikan rata-rata nilai kognitif dari 54,4 menjadi 77,5 dan nilai psikomotorik dari 54,9 menjadi 75,6. Uji Wilcoxon memperkuat adanya perbedaan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa dengan nilai signifikansi < 0,05. Selain itu, perbandingan dengan penelitian lain menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan peningkatan hasil belajar berbasis data secara signifikan (p-value < 0,05). Dengan demikian, Erdlearn terbukti inovatif dan efektif dalam mendukung pengelolaan proyek, meningkatkan hasil belajar, serta memperkuat penerapan pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...