Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN MATERI CUACA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Mufidah, Zahrotul (Unknown)
Masub Bakhtiar , Afakhrul (Unknown)
Alfiansyah, Iqnatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media kartu berpasangan pada materi cuaca untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan kevalidan media kartu berpasangan pada materi cuaca untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar dan (3) Mendeskripsikan keefektifan media kartu berpasangan pada materi cuaca untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 17 Gresik pada Bulan Desember. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi media, lembar soal tes peserta didik dan angket respons peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media kartu berpasangan materi cuaca untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar, (2) Hasil kevalidan media kartu berpasangan materi cuaca dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli media dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 88,7% dengan kriteria “sangat valid” dan ahli materi dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 96,2% dengan kriteria “sangat valid”, (3) Hasil Keefektivan produk media kartu berpasangan yang diperoleh dari hasil tes belajar peserta didik mendapatkan persentase sebesar 90% dan angket respon peserta didik mendapatkan nilai persentase sebesar 97%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...