Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): September

Penulisan Buku sebagai Metode Pembelajaran Aktif di Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika

Anomeisa, Agnesia Bergita (Unknown)
Dhema, Magdalena (Unknown)
Wahyuningsih, Wahyuningsih (Unknown)
Brylliant, Dian Nan (Unknown)
Ndori, Vinsensius Herianto (Unknown)
Ete, Agustinus Angelaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penulisan buku sebagai metode pembelajaran aktif dalam mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan metode pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam, sekaligus melibatkan mahasiswa dalam proses belajar yang kolaboratif dan reflektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode partisipatif yang melibatkan mahasiswa pendidikan matematika dalam penyusunan materi buku pengantar dasar matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan refleksi tertulis. Analisis data dilakukan secara induktif untuk mengidentifikasi pola dan perspektif mahasiswa terkait kegiatan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan buku pengantar dasar matematika meningkatkan keterlibatan aktif, kemampuan berpikir kritis, dan pemahaman konsep matematika mahasiswa. Simpulan menyatakan bahwa metode ini efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis kolaborasi. Implikasi penelitian mencakup potensi penerapan metode ini di berbagai konteks pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didactica

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran memfokuskan pada kajian-kajian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil-hasil penelitian dari ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan ...