Pada era digital saat ini, Pendidikan berbasis teknologi menjadi solusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran. Serena Sarana Teknologi sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi berupaya untuk menyediakan kursus online berbasis mobile yang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX kursus online yang intuitif dan user friendly. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Thinking, yaitu metode yang berpusat kepada pengguna. Metode Design Thinking mempunyai 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototyping dan test. Pada tahap emphatize, yaitu peneliti harus berempati untuk menggali informasi dari pengguna. Pada tahap ini peneliti menggunakan in-depth interview untuk mendapatkan pain point, user persona dan user journey map. Pada tahap define adalah menentukan tantangan/challenge menggunakan How Might we. Setelah itu adalah memprioritaskan tantangan/challenge menggunakan Challenge Metrix dan memprioritaskan ide solusi tersebut menggunakan Solution Metrix. Membuat konsep desain lo-fidelity atau wireframe berdasarkan ide solusi yang sudah diprioritaskan. Setelah membuat wireframe (desain lo-fi) lalu membuat desain hi-fidelity berdasarkan desain wireframe yang sudah dibuat. Pada tahap prototype adalah menyelesaikan desain akhir yang nantinya akan dilakukan pengujian kepada pengguna. Desain pada prototype akan dilakukan pengujian kepada pengguna pada tahap test. Metode yang digunakan untuk pengujian adalah System Usability Scale (SUS). Peneliti akan membagikan kuisioner SUS kepada 20 responden. Hasil pengujian pada penelitian ini adalah prototipe desain Kursus Online mendapatkan nilai 78.125, nilai tersebut menyatakan bahwa tingkat penerimaan pengguna pada desain prototipe UI/UX Kursus Online Serena Course adalah acceptable dan berada pada grade B.
Copyrights © 2025