Kemampuan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SDN 37 Cakranegara masih rendah. Permasalahan tersebut disebabkan karena penerapan pembelajaran IPA hanya berfokus pada kegiatan menghafal informasi dan terpaku pada buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Populasi terdiri dari 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA peserta didik dan observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif berupa persentase dan diperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji t, namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, diperoleh data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi > 0,05. Hasil uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan sig. sebesar 0,049 dan 0,910 yang artinya > 0,05 maka data dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. (2-tailled) 0,029 < 0,05 dan nilai thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 2,265 ≥ 2,024, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain diperoleh gain sebesar 0,5746 yang menunjukkan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 37 Cakranegara dengan besar pengaruh 0,5746 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Wordwall, Pemahaman Konsep IPA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025