AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2024)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA

Livia Murdiyati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim)
Depriwana Rahmi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Annisah Kurniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suci Yuniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini ialah guna mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari prokrastinasi akademik siswa MTs Negeri 1 Pekanbaru. Peneliti menggunakan penelitian berjenis kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Terdapat 31 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian ini. Penelitian ini menjadikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari prokrastinasi akademik siswa kategori tinggi, sedang dan rendah sebagai objek. Pengumpulan datanya memakai teknik berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket prokrastinasi akademik. Hasil dari analisis deskriptif memperlihatkan bahwa siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah dan sedang. Siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang bervariasi. Siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...