AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR

Fauzan Adrasyanto (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Depriwana Rahmi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Annisah Kurniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suci Yuniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang siswa kelas VII¹ SMP Negeri 3 Gunung Toar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa soal tes tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dimana setiap 1 soal terdapat 1 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Soal yang diberikan yaitu soal mengenai materi Aljabar. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa dari ke 15 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Toar terbagi menjadi 3 kelompok siswa. Pertama, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah ada sebanyak 5 orang, dengan persentase 33%. Kedua, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang berjumlah 7 orang, dengan persentase tertinggi yakni 47%. Ketiga, siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, hanya berjumlah 3 orang saja dengan persentase sebesar 20%. Dengan demikian, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Toar tergolong pada kategori sedang. Yakni hampir setengah dari jumlah subjek di kelas tersebut yang berada pada kategori tersebut. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...