Skripsi ini membahas strategi guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan extrakurikuler Rohani Islam di SMAN 2 Palopo. Tujuan: 1) Untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) di SMA Negeri 2 Palopo 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam agar siswa terdorong untuk mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan Rohani Islam (Rohis) di SMA Negeri 2 Palopo 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kegiatan pembinaan keagamaan melalui kegiatan Rohani Islam (Rohis) di SMA Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengupulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelantikan anggota baru ekstrakurikuler Rohani Islam, pelatihan dakwah, tahfidz, belajar tahsin serta kajian setiap pekannya 2) Strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu, menjadi teladan bagi siswa seperti mejadikan guru, melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan seperti mengikuti kegiatan kajian pekanan rohani Islam yang diadakan di sekolah untuk menambah wawasan keagamaan siswa 3) Faktor pendukung yaitu dukungan dari guru dan kontribusi alumni Rohani Islam adapun Faktor penghambat yaitu faktor dana, kurangnya guru yang terlibat dalam Rohani Islam, dan faktor waktu.
Copyrights © 2023