Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Refleksi

Pengembangan Materi Tata Cara Salat Fardhu Berbasis Video Animasi Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Kartini Kartini (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Fatamaridah Sabani (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Ismail Ismail (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Hijriah Hijriah (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Pratiwi Kamariah Hasis (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Video Animasi Materi Tata Cara Salat Fardhu Kelas IV SD Negeri 4 Sereang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang, Penelitian ini bertujuan untuk1) Mengetahui Validitas pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang.2) Mengetahui uji Praktikalitas siswa terhadap bahan ajar berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri lima tahap. Adapun tahapan pada model ADDIE yaitu Analiyze, design,development,implementation, and evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Hasil Uji Validitas oleh ahli media memperoleh nilai 79% sementara hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh hasil 95%.2) Uji Praktikalitas siswa terhadap bahan ajar berbasis video animasi yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh nilai 92%. Sehingga berdasarkan hasil uji validitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang sangat layak digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...