Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran pada materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar terintegrasi (audio visual). Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui hasil Pengembangan, Validitas, dan Praktikalitas produk pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam keterampilan berhitung KPK dan FPB. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran terintegrasi audio visual yang memilii durasi 10 menit. yang didalamnya terdapat materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Didalam media ini ada beberapa poin yang pertama itu tujuan pembelajaran, pengertian dari kelipatan dan faktor, untuk mencari nilai KPK dan FPB selanjutnya ada latihan mengerjakan soal, dan akhir dalam media ini ada kunci jawaban. Kegunaan media ini yaitu untuk membantu guru dalam pembelajaran dan menumbuhkan rasa minat siswa dalam belajar. Hasil validitas dari masing-masing ahli. Hasil validasi oleh ahli materi 95,83% (sangat valid), ahli media 85,71% (sangat valid), ahli bahasa 93,75% (sangat valid). Kepraktisan 92,5% dengan memenuhi kategori sangat praktis. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2024