Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi

Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Berbasis Nilai-nilai Keislaman Subtema Anggota Keluargaku di Kelas I UPT SDN 230 Tondo Tangnga Luwu Utara

Pusniati, Pusniati (Unknown)
Nurdjan, Sukirman (Unknown)
Alauddin, Alauddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian yang mengkaji pengembangan bahan ajar dengan bentuk cerita bergambar berdasarkan nilai-nilai keislaman tema keluargaku subtema anggota keluargaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan, merancang bahan ajar, dan mengevaluasi validitas dan kepraktisan bahan ajar cerita bergambar berbasis nilai-nilai keislaman tema keluargaku subtema anggota keluargaku. Studi ini merupakan penelitian tipe R&D (Research and Development) yang mengadopsi model pengembangan 4D (Four-D). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I SDN 230 Tondok Tangnga, sementara objek penelitian adalah bahan ajar berupa cerita bergambar yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar wawancara juga kuisioner. Selanjutnya, data dianalisis dengan cara deskriptif bagi data kualitatif dan berbantuan rumus likert bagi data kuantitatif. Studi ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar buku cerita bergambar dengan hasil penilaian ahli agama 97,5% (kategori valid), ahli desain dengan nilai 81,6% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 78,3% (kategori cukup valid). Hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% ( kategori sangat praktis). Implikasinya, bahan ajar buku cerita bergambar ini dapat diandalkan sebagai sumber pendidikan yang valid dan praktis, sehingga diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...