Artikel ini merupakan riset mengenai Optimalisasi Metode Pembelajaran dalam Membangkitkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surah-surah Pendek yang bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membangkitkan motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek; menganalisis tantangan dan peluang dalam membangkitkan motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek; dan mengetahui motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek. Riset yang dilakukan penelitian campuran (Mix Method) antar penelitian kualitatif dan kuantitatif. Riset dilaksanakan di MI No. 12 DDI Sadar Kabupaten Luwu dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat tiga metode yang paling efektif dilaksanakan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an yaitu permainan/game, Qira’ah, dan mengulang ayat. Dalam pelaksanaannya, ditemukan berbagai peluang dan tantangan oleh guru yang harus diatasi atau dimanfaatkan. Berdasarkan analisis data diketahui jika dorongan internal peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an masuk dalam kategori rendah (65,40%), namun dorongan eksternal yang diberikan oleh guru dan sekolah masuk dalam kategori tinggi (70,52%). Implikasinya, penting bagi guru dan sekolah untuk terus memanfaatkan dorongan eksternal yang kuat sambil mencari cara untuk meningkatkan motivasi internal peserta didik agar pembelajaran menghafal Al-Qur’an dapat lebih optimal.
Copyrights © 2024