Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi

Peran Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kepribadian Mahasiswa Muslim di Universitas Andi Djemma

Hairil Jihadi (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Alauddin Alauddin (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Ismail Ismail (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Artikel ini mengkaji peran dosen Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian mahasiswa muslim di Universitas Andi Djemma. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh dosen dalam proses pembinaan kepribadian mahasiswa, serta untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pembinaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, sementara teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data utama penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembinaan meliputi pemberian motivasi, penugasan, serta pelatihan keagamaan. Faktor pendukung meliputi ketersediaan sarana dan prasarana kampus, kompetensi dosen, dan tersedianya modul pembelajaran. Sementara itu, faktor penghambat mencakup rendahnya kesadaran beragama, kecanduan game online, serta pengaruh lingkungan pergaulan yang negatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...