LUGHATI
Vol 2 No 02 (2024): DESEMBER

Realitas Sosial dalam Syair Ughniyah Hubbin Lil Kalimah karya Nazik Al-Malaikah: Kajian Realisme Sosialis Georg Lukacs

Dewi Maisyah Mushfiroh (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Mirwan Akhmad Taufiq (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Atiq Mohammad Romdlon (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap realitas sosial masyarakat Irak pada tahun 1954 melalui syair Ughniyah Hubbin Lil Kalimah dan melihat relevansi syair tersebut dengan realitas masyarakat Indonesia melalui konsep realisme sosialis perspektif Georg Lukacs yang merupakan bagian dari kajian sosiologi sastra. Data yang digunakan berupa bait-bait syair yang mengandung unsur penggambaran masyarakat Irak pada tahun 1954. Sumber utama dari penelitian ini yaitu syair Ughniyah Hubbin Lil Kalimah karya Nazik al-Malaikah yang terdapat di ad-Diwan. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Konsep pemikiran Lukacs dalam konsep “cermin” yaitu sastra sebagai refleksi struktur mental masyarakat. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa syair Ughniyah Hubbin Lil Kalimah menggambarkan wanita Irak yang menjadi korban dari peralihan pemerintahan Irak hingga penyair mendorong masyarakat terutama wanita untuk menyuarakan hak-haknya. Syair ini juga memiliki relevansi dengan keadaan masyarakat Indonesia pada era Kartini yang juga menyuarakan hak-hak perempuan demi kehidupan yang lebih baik dan lebih adil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lughati

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

LUGHATI : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik bekerja sama dengan IMLA Indonesia. Merupakan jurnal multibahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), mencakup isu-isu pembelajaran ...