Tujuan dari penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya bahwa terdapat Sebagian mahasiswa yang kecanduan gadget sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut. Maka dari hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendapat informasi pengaruh gadget terhadap kinerja mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan responden berjumlah sebanyak 25 mahasiswa melalui teknik dalam pengumpulan data yakni kuisioner. Kuisioner secara online dibagikan ke grup WhatsApp mahasiswa Program Studi guru SD, kemudian dituangkan pada kata-kata tertulis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa gadget dalam lingkup mahasiswa PGSD memiliki dampak positif dan negatif dalam prestasi belajar. Adapun dampak positif dari pengaruh penggunaan gadget yaitu, mahasiswa menggunakan gadget tersebut sebagai media belajar. Sedangkan dampak negatif dari gadget antara lain, mahasiswa mengubah kepribadian malas berinteraksi sosial secara langsung, kecanduan game, dan malas belajar. Dampak negative ini lebih mendominasi dibandingkan dengan dampak positif. Hal tersebut diakibatkan karena adanya fitur aplikasi yang lebih menyenangkan seperti game online dari pada aplikasi belajar yang membosankan, serta penggunaan yang berlebihan. Berdasarkan hasil kusioner diperoleh dari responden, gadget dinyatakan termasuk pengaruh negatif terhadap prestasi belajar yang menurun. Harapan kami dengan penelitian ini sebagai refleksi kepada mahasiswa sehingga dapat memanfaatkan gadget untuk hal-hal yang lebih penting sebagai media belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Guru SD dengan penggunaan gadget secara bijak.
Copyrights © 2022