Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara penyajian materi membaca dengan karakteristik materi yang bagus dalam buku bahasa inggris “English for Creative Students”. Peneliti menganalisis aspect penyajian materi membaca di dalam buku bahasa inggris berdasarkan pusat perbukuan, kementrian pendidikan nasional. Dalam aspect penyajian terdapat 7 poin yang harus terpenuhi yaitu tujuan pembelajaran tegas dan mengarah pada penguasaan kompetensi komunikatif, alur yang logis dan koherensi, sesuai antara tugas dan materi, mengajak siswa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara aktif, mendukung siswa untuk tertarik pada mata pelajaran bahasa Inggris dan penyajian refleksi dan evaluasi diri. Peneliti menggunakan buku "English for creative students MTsN kelas VIII Semester 1" sebagai sumber data. Peneliti menggunakan dokumen ceklis dalam mengumpulkan data dan menganalisis data untuk menemukan temuan penelitian. Peneliti menganalisis bahan bacaan berfokus pada aspek penyajian di setiap babnya. Setelah melakukan penelitian, terdapat 7 bab dalam buku tersebut dan berisi 22 bahan bacaan. Hasilnya menunjukkan bahwa aspek penyajian dalam bahan bacaan yang terdapat pada buku teks “English for Creative Students” memenuhi keseluruhan poin. Hasil penelitian menunjukkan hal itu, Total seluruh aspek penyajian adalah 154 dengan dengan jumlah teks 22 dan masing-masing point 7 di setiap bahan bacaan.
Copyrights © 2023