Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya keaktifan dan minat belajar siswa dalamĀ pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan minat terhadap hasil belajar geografi dalam pembelajaran full day school di SMAN 1 Kampar Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAN 1 Kampar Timur yang berjumlah 146 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan formula Slovin sehingga didapatkan 59 siswa. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan instrument test. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Terdapat pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar dalam pembelajaran full day school karena nilai signifikansi (Sig.) adalah sebesar 0.046 < 0.05, (2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran full day school karena nilai signifikansi (Sig.) adalah sebesar 0.039 < 0.05, (3) Terdapat pengaruh keaktifan dan minat terhadap hasil belajar dalam pembelajaran full day school karena nilai signifikansi (Sig.) adalah sebesar 0.049 < 0.05.
Copyrights © 2023