Kegiatan dan keterampilan proses membaca intensif siswa kelas 4 SDN Gili Barat masih rendah, terlihat bahwa siswa belum dapat membaca secara intensif sehingga kesulitan dalam menentukan ide dasar masing-masing paragraf dan gagasan utama cerita. Ini karena kebiasaan membaca yang tidak efisien. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif proses menggunakan metode PQRST. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dengan jumlah 23 orang. Data diperoleh melalui hasil wawancara, catatan lapangan dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data pada siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif siswa meningkat. Pada pertemuan pertama skor kemampuan membaca siswa rata-rata 60,5. Pada pertemuan kedua dan setelah diterapkan metode pqrst skor kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 78,2. Presentase kemampuan membaca siswa juga meningkat sebesar 35% menjadi 80%.Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa penggunaan strategi PQRST dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 4 SDN Gili Barat.
Copyrights © 2024