Dalam proses pembelajaran, kemampuan membaca memiliki peran penting karena dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang, serta mempersiapkan mereka menghadapi berbagai tantangan yang akan datang. Dengan demikian, penguasaan keterampilan membaca menjadi sangat penting di semua mata pelajaran, terutama pada tingkat awal pendidikan di sekolah dasar. Mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas 1B SDN Gulbung 1 merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian lapangan. Subyek penelitian adalah 9 siswa kelas 1B yang mengalami kesulitan membaca permulaan serta wali kelas 1B. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Telah ditemukan beberapa jenis kesulitan membaca permulaan dari hasil observasi dan wawancara pada 9 siswa kelas 1B SDN Gulbung 1, yaitu: 1) Belum mampu mengenal huruf, 2) Belum mengenal huruf diftong dan digraf, 3) Sulit membedakan huruf yang hampir sama, 4) Sulit membaca kalimat yang panjang, 5) Sulit mengeja, dan 6) Membaca masih terbata-bata. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1B SDN Gulbung 1 meliputi: 1) Kurangnya motivasi dari keluarga, 2) Tidak bersekolah di Taman Kanak-Kanak, dan 3) Kurangnya minat membaca siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024