Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran dalam menunjang program pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Pertama Darul Fattah membuat rencana pembelajaran sebelum melaksanakan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar untuk memandu proses pembelajaran. Tahapan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah melaksanakan kegiatan persiapan, melaksanakan kegiatan inti, dan melaksanakan kegiatan akhir. Guru pendidikan agama Islam sekolah menengah menilai hasil belajar berdasarkan pekerjaan rumah dan tugas kelas, ujian semester, ujian tertulis dan lisan, tanya jawab, dan tentu saja mencerminkan sikap. Kesimpulan penelitian ini adalah sangat penting pemanfaatan media pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan pendidikan. Pengendalian khusus terhadap penggunaan media pembelajaran mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023