IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 1 (2024)

Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Positif di Sekolah Dasar Negeri Kalitapen 1 Bondowoso

Khofi, Mohammad Bilutfikal (Unknown)
Syarifah, Zulfa Lailatus (Unknown)
Syafriani, Syafriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Perkembangan zaman telah mengubah berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang kehumasan, dan perubahan sehari-hari sulit diprediksi. Situasi ini berdampak besar terhadap semua lembaga pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga universitas, namun juga terhadap institusi informal seperti pelatihan, kursus dan institusi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di SDN Kalitapen 1, Bondowoso, serta dampaknya terhadap hubungan dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas sekolah memegang peran penting dalam membangun dan mempertahankan citra positif melalui beberapa strategi, seperti mendengarkan masukan masyarakat, membangun hubungan baik dengan orang tua dan masyarakat, melakukan kunjungan ke rumah siswa, serta mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti Achievement Day. Humas juga memanfaatkan media sosial secara efektif untuk memberikan informasi dan meningkatkan reputasi sekolah. Kesimpulannya, strategi humas di SDN Kalitapen 1 efektif dalam meningkatkan citra sekolah dan memperkuat hubungan dengan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...